Cara Mencegah Kanker Payudara

blogger templates


Kanker adalah segolongan penyakit yang ditandai dengan pembelahan sel yang tidak terkendali dan kemampuan sel-sel tersebut untuk menyerang jaringan biologis lainnya, baik dengan pertumbuhan langsung di jaringan yang bersebelahan (invasi) atau dengan migrasi sel ke tempat yang jauh (metastasis). Kanker payudara adalah kanker pada jaringan payudara. Ini adalah jenis kanker paling umum yang diderita kaum wanita. Kaum pria juga dapat terserang kanker payudara, walaupun kemungkinannya lebih kecil dari 1 di antara 1000. Pengobatan yang paling lazim adalah dengan pembedahan dan jika perlu dilanjutkan dengan kemoterapi maupun radiasi
cara mencegah kanker payudara


Inti dari kanker adalah rusaknya sel dalam tubuh, sehingga pada dasarnya, dalam setiap tubuh manusia terdapat bibit kanker. Gaya hidup yang tidak sehat dapat memicu kerusakan sel sehingga mengakibatkan kanker. Nah berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena kanker  :

Mengapa seseorang terkena kanker, jawabnya TIDAK TAHU. Tetapi secara medis bisa dikatakan bahwa seseorang berpeluang terkena kanker  karena karsinogen, daya tahan tubuh dan aspek psikis.
Kanker payudara muncul sebagai akibat sel-sel yang abnormal terbentuk pada payudara dengan kecepatan tidak terkontrol dan tidak beraturan.  Sel-sel tersebut merupakan hasil mutasi gen dengan perubahan-perubahan bentuk, ukuran maupun fungsinya, sebagaimana sel-sel tubuh kita yang asli.
Mutasi gen ini dipicu oleh keberadaan suatu bahan asing yang masuk ke dalam tubuh kita, diantaranya pengawet makanan, vetsin, radioaktif, oksidan, atau karsinogenik yang dihasilkan oleh tubuh sendiri secara alamiah.  Tetapi yang terakhir ini sangat jarang terjadi karena secara alamiah tubuh kita mampu menetralkan zat karsinogenik yang dihasilkan oleh tubuh.

Bersama aliran darah dan aliran getah bening, sel-sel kanker dan racun-racun yang dihasilkannya dapat menyebar ke seluruh tubuh kita seperti tulang, paru-paru, dan liver tanpa disadari oleh penderita.  Karenanya tidak mengherankan jika pada penderita kanker payudara ditemukan benjolan di ketiak atau benjolan kelenjar getah bening lainnya.  Bahkan muncul pula kanker pada liver dan paru-paru sebagai kanker metastasisnya.  Penderita sering batuk yang tak kunjung sembuh atau sesak napas yang berkepanjangan.

Bahan-bahan yang Diduga Pemicu Kanker.

Pemicu kanker pada dasarnya BELUM DIKETAHUI secara pasti, namun terdapat bahan-bahan yang diduga sebagai pemicu kanker.  Bahan-bahan yang dimaksud disebut karsinogenik.
Bahan-bahan yang masuk dalam kelompok karsinogen yaitu:
1.  Senyawa kimia, seperti aflatoxin B1, ethionine, saccarin, asbestos, nikel, chrom, arsen, arang, tarr, asap rokok, dan oral kontrasepsi.
2.  Faktor fisik, seperti radiasi matahari, sinar -x, nuklir, dan radionukleide.
3.  Virus, seperti RNA virus (fam. retrovirus), DNA virus (papiloma virus, adeno virus, herpes virus), EB virus
4.  Iritasi kronis dan inflamasi kronis dapat berkembang menjadi kanker
5. Kelemahan genetik sel-sel pada tubuh, sehingga memudahkan munculnya kanker.

Setelah mengetahui penyebab dan bahan-bahan pemicu kanker payudara, di bawah ini beberapa Cara mencegah Kanker Payudara :

1. Hindari penggunaan BH yang terlalu ketat dalam waktu lama
2.  Hindari banyak merokok dan mengkonsumsi alkohol
3.  Lakukan pemeriksaan payudara sendiri, setiap bulan
4.  Hindari terlalu banyak terkena sinar-x atau jenis-jenis radiasi lainnya
5.  Jaga kesehatan dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar.  Sebaiknya sering mengkonsumsi kedelai serta produk olahannya, seperti tahu, tempe, dan susu kacang kedelai, sebab kedelai mengandung phyto estrogen, yaitu genistein,  yang bermanfaat untuk mengurangi resiko terjadinya kanker payudara
6.  Lakukan olahraga secara teratur
7.  Hindari terlampau banyak makan makanan berlemak tinggi
8.  Atasi stress dengan baik, misalnya lewat relaksasi dan meditasi
9.  Makanlah lalap kunir puti (temu mangga) lebih kurang dua ruas jari setiap hari

Rasa Nyeri luar biasa pada penyakit kanker yang berkepanjangan merupakan salah satu penderitaan yang harus ditanggung oleh penderita penyakit kanker.  Penanganan rasa nyeri ini, dalam dunia kedokteran modern ternyata merupakan salah satu masalah yang paling sulit diatasi.  Dari pengamatan, kesulitan penanganan masalah rasa nyeri tersebut disebabkan oleh adanya faktor subyektif dan psikologis.  Disamping itu sebagian obat yang digunakan untuk menanggulangi nyeri dapat menyebabkan ketergantungan terhadap obat itu dan memicu penyakit aterogenik.

Nah semoga tips kesehatan cara mencegah kaknker payudara diatas bisa bermanfaat dan semakin membuat banyak wanita Indonesia semakin sehat dan tumbuh generasi sehat selanjutnya.













.