Liburan Tenang Saat Haid Melanda, Ciri Tanda Haid Menyerang

blogger templates
Kerap kali rencana liburan kita terganggu dengan adanya beberapa masalah saat haid. Nah, supaya hal itu tidak terjadi, ada baiknya  kenali dulu beberapa isu yang mungkin dihadapi saat haid nanti, sehingga kita tahu apa yang harus dilakukan saat benar-benar mengalaminya.
  1. Perut nyeri
    Nyeri perut di hari pertama haid memang wajar. Di dunia medis, penyakit ini disebut dengan istilah dismenorea primer. Tingkatan nyerinya berbeda itu ada yang ringan dan ada pula yang berat, bahkan beberapa wanita sampai pingsan karena tidak kuat menahannya. Tapi jangan sampai nyeri ini mengganggu liburan anda. Nyeri haid bisa dikurangi dengan berolahraga dan senam ringan, baik sebelum dan saat mengalami haid. Selain itu perbanyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium, seperti brokoli, salmon, susu rendah lemak, dan lainnya. Siapkan juga dengan mengonsumsi minuman yang mengandung kunyit dari sebelum mengalami haid sampai setelah haid, karena kunyit terbukti secara medis dapat mengurangi nyeri haid.
  1. Konstipasi (gangguan pencernaan)
    Salah satu gangguan saat mengalami haid yaitu adanya konstipasi atau gangguan pencernaan. Konstipasi dapat dicegah dengan banyak mengonsumsi sayur-sayuran. Jangan lupa untuk menjadikan sayuran sebagai salah satu menu penting dalam wisata kuliner dengan teman-teman Anda saat berlibur nanti!
  1. Stress
    Hindari stress dengan rutin berolahraga. Setiap hari lakukan senam ringan atau jogging selama 15 menit sampai 30 menit. Konsumsi pisang, oatmeal, dan juga kentang untuk mengurangi stress.
  1. Bad Mood
    Mood yang berubah-ubah saat haid disebabkan karena ketidakseimbangan hormon yang ada dalam tubuh. Konsumsilah makanan dan minuman yang mengandung antioksidan seperti alpukat, kuning telur, juga hati, karena makanan-makanan tersebut mengandung banyak vitamin E yang dapat menstabilkan aliran menstruasi dengan memperbaiki lapisan rahim. Untuk praktisnya Anda juga bisa mengonsumsi minuman antioksidan yang sehat alami saat ingin berlibur sehingga bebas gangguan masalah bad mood.
  1. Terlalu Lelah
    Hindari kelelahan saat berlibur, karena tubuh yang lelah akan lebih terasa saat haid. Teruslah berolahraga, karena dengan olahraga dan senam ringan yang rutin, Anda akan mendapatkan stamina yang kuat, dengan begitu Anda tidak akan cepat merasa lelah.
Kini Anda dapat merencanakan liburan tanpa takut terganggu oleh masalah-masalah saat haid. Jangan lupa untuk beristirahat dengan cukup, tetap hidup sehat dengan pola makan sehat dan terus berolahraga. Stay healthy and fun, happy holiday!













.